Soal Bahasa Indonesia "Wawancara"
Soal Bahasa Indonesia "Wawancara"
Perhatikan contoh wawancara berikut sebagai materi untuk soal nomor 1 dan 2.
--Pewawancara : Kelly, bagaimana cara kamu mengatur jadwal sehari-hari?
--Kelly : Saya dibantu oleh ibu, yang jelas saya selalu mengutamakan sekolah.
--Pewawancara : Sebagai atlet basket putri apa kamu juga masih peduli pada penampilan?
--Kelly : Hahaha…ya tentu. Saya juga kan perempuan. Lagipula di masa remaja seperti ini kita harus rajin menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Apalagi saya sering latihan di lapangan terbuka. Jika tidak dijaga, kulit saya akan kusam. Bisa-bisa nggak ada yang naksir.
--Pewawancara : Lalu, prestasi Kelly yang paling membanggakan?
--Kelly : hmm, saya waktu kelas IX pernah menjuarai pertandingan basket antarsekolah se-Kota Padang. Kemudian, di kelas X ini saya jadi finalis model majalah remaja.
--Pewawancara : Wah, kamu ini remaja serba bisa, ya?
--Kelly : Ah, bukan begitu. Saya hanya ingin belajar sambil mengukir prestasi. Saya ingin jadi anak berprestasi.
Informasi yang didapat dari hasil wawancara tersebut adalah…
a. Kelly, gadis pesolek yang senang merawat kecantikan.
b. Kelly, anak jalanan yang berhasil menembus dunia rekaman.
c. Kelly, siswa kelas IX juara pertandingan basket se-Jawa Barat.
d. Kelly, pemain teater dengan segudang prestasi
e. Kelly, siswa kelas X, berprestasi di bidang olahraga basket dan modeling.
2. Kalimat penutup paling tepat yang disampaikan oleh pewawancara dalam wawancara diatas adalah…
a. Luar biasa kamu,Kelly. Lalu, ada pesan yang akan kamu sampaikan pada teman-teman di rumah?
b. Ya sudah, saya pulang dulu.
c. Baiklah, kamu memang jago macam-macam. Selamat ya.
d. Bagaimana kelanjutan wawancara ini? Apa harus diakhiri saja?
e. Baiklah, Kelly. Saya permisi dulu.
a. Luar biasa kamu,Kelly. Lalu, ada pesan yang akan kamu sampaikan pada teman-teman di rumah?
b. Ya sudah, saya pulang dulu.
c. Baiklah, kamu memang jago macam-macam. Selamat ya.
d. Bagaimana kelanjutan wawancara ini? Apa harus diakhiri saja?
e. Baiklah, Kelly. Saya permisi dulu.
3. Simaklah kutipan percakapan wawancara antara wartawan dan Taufik Ismail berikut ini.
--Wartawan : Anda sangat berkonsentrasi dalam memajukan sastra. Apa yang memotivasi?
--Taufik Ismail : Ya, tentu saja Karena sastra mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sastra sangat berperan dalam pembentukan pribadi seseorang. Dengan membaca sastra, aspek kognitif dan afektif dari manusia dapat berkembang dengan baik. Untuk mencapai itu, mestinya sastra sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil. Entah itu disampaikan dalam bentuk hikayat, dongeng-dongeng, maupun bentuk cerita lainnya.
Pernyataan yang selaras dengan jawaban narasumber diatas adalah…
a. Sastra dapat berperan penting dalam kehidupan manusia.
b. Sastra kurang berperan dalam pembentukan pribadi seseorang.
c. Sastra mestinya sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil.
d. Pengenalan sastra kepada anak bisa dalam bentuk mitos, dongeng-dongen dan cerita lainnya.
e. Aspek kognitif , afektif dan psikomotorik manusia dapat berkembang dengan membaca sastra.
--Wartawan : Anda sangat berkonsentrasi dalam memajukan sastra. Apa yang memotivasi?
--Taufik Ismail : Ya, tentu saja Karena sastra mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sastra sangat berperan dalam pembentukan pribadi seseorang. Dengan membaca sastra, aspek kognitif dan afektif dari manusia dapat berkembang dengan baik. Untuk mencapai itu, mestinya sastra sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil. Entah itu disampaikan dalam bentuk hikayat, dongeng-dongeng, maupun bentuk cerita lainnya.
Pernyataan yang selaras dengan jawaban narasumber diatas adalah…
a. Sastra dapat berperan penting dalam kehidupan manusia.
b. Sastra kurang berperan dalam pembentukan pribadi seseorang.
c. Sastra mestinya sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil.
d. Pengenalan sastra kepada anak bisa dalam bentuk mitos, dongeng-dongen dan cerita lainnya.
e. Aspek kognitif , afektif dan psikomotorik manusia dapat berkembang dengan membaca sastra.
4. —Pewawancara : Anda selalu menyebut tahun 2020, Indonesia meraih nobel. Mengapa begitu antusias?
--narasumber : Karena dengan Nobel, Indonesia dapat lebih maju. Coba lihat Pakistan. Negara itu miskin. Sekarang, orang bilang sains di Pakistan itu bagus karena ada Abdus Salam yang dapat Nobel. Jadi, Nobel semacam symbol yang akan menarik perhatian orang.
--Pewawancara : Orang Pakistan sekarang tertarik pada fisika karena Abdus Salam?
--Narasumber : Betul, ada hubungannya. Karena dengan itu, Abdus Salam dapat menarik fisikawan Pakistan yang dia bimbing untuk bekerja dengan koleganya sesama pemenang Nobel.
Rangkuman hasil pembicaraan dalam wawancara di atas adalah…
a. Daya tarik Nobel untuk mencapai kemajuan.
b. Kemajuan Pakistan dan Nobel.
c. Abdus Salam sang peraih Nobel yang membuat Pakistan maju.
d. Abdus Salam menarik fisikawan Pakistan.
e. Pemenang Nobel dapat membimbing orang lain untuk meraih Nobel berikutnya.
--narasumber : Karena dengan Nobel, Indonesia dapat lebih maju. Coba lihat Pakistan. Negara itu miskin. Sekarang, orang bilang sains di Pakistan itu bagus karena ada Abdus Salam yang dapat Nobel. Jadi, Nobel semacam symbol yang akan menarik perhatian orang.
--Pewawancara : Orang Pakistan sekarang tertarik pada fisika karena Abdus Salam?
--Narasumber : Betul, ada hubungannya. Karena dengan itu, Abdus Salam dapat menarik fisikawan Pakistan yang dia bimbing untuk bekerja dengan koleganya sesama pemenang Nobel.
Rangkuman hasil pembicaraan dalam wawancara di atas adalah…
a. Daya tarik Nobel untuk mencapai kemajuan.
b. Kemajuan Pakistan dan Nobel.
c. Abdus Salam sang peraih Nobel yang membuat Pakistan maju.
d. Abdus Salam menarik fisikawan Pakistan.
e. Pemenang Nobel dapat membimbing orang lain untuk meraih Nobel berikutnya.
5. --pewawancara : Dari masa jabatan Anda yang empat tahun, apa yang ingin Anda capai dalam jangka pendek?
--Narasumber : Pada tahap awal, kami ingin mencocokkan keinginan dan ketersediaan. Dalam cetak biru yang dikeluarkan Bappenas, sudah tertera sejumlah keinginan, baik yang diserap dari bawah maupun yang diberikan dari atas. Keinginan ini harus dicocokkan dengan masyarakat. Jika tidak sesuai, kita sesuaikan lagi, termasuk penyesuaian tenaga dan waktu yang tersedia. Semua orang ingin cepat selesai. LSM luar negri dan donatur asing juga ingin segera membuktikan kepada konstituennya bahwa mereka cepat bekerja.
Isi pokok pembicaraan di atas adalah…
a. Masalah pemilihan kepala daerah.
b. Masalah bantuan tenaga asing.
c. Masalah masa jabatan kepala daerah.
d. Usaha menyelaraskan keinginan masyarakat dengan ketersediaan.
e. Masalah konstituen atau pemilih.
--Narasumber : Pada tahap awal, kami ingin mencocokkan keinginan dan ketersediaan. Dalam cetak biru yang dikeluarkan Bappenas, sudah tertera sejumlah keinginan, baik yang diserap dari bawah maupun yang diberikan dari atas. Keinginan ini harus dicocokkan dengan masyarakat. Jika tidak sesuai, kita sesuaikan lagi, termasuk penyesuaian tenaga dan waktu yang tersedia. Semua orang ingin cepat selesai. LSM luar negri dan donatur asing juga ingin segera membuktikan kepada konstituennya bahwa mereka cepat bekerja.
Isi pokok pembicaraan di atas adalah…
a. Masalah pemilihan kepala daerah.
b. Masalah bantuan tenaga asing.
c. Masalah masa jabatan kepala daerah.
d. Usaha menyelaraskan keinginan masyarakat dengan ketersediaan.
e. Masalah konstituen atau pemilih.
6. --Pewawancara : "Menurut Ibu tantangan apa yang dihadapi Indonesia dalam rangka pengembangan sumber daya manusia?"
---Narasumber : "Adanya kenaikan angkatan kerja yang disebabkan oleh peledakan jumlah penduduk yang sangat cepat.
Pewawancara bertujuan untuk mengetahui...
a. tantangan Indonesia dalam pengembangan SDM
b. sikap pemerintah Indonesia dalam mengembangkan SDM
c. kondisi SDM di Indonesia pada masa yang akan datang
d. prospek pengembangan SDM Indonesia oleh pemerintah
e. kendala-kendala yang dihadapai
---Narasumber : "Adanya kenaikan angkatan kerja yang disebabkan oleh peledakan jumlah penduduk yang sangat cepat.
Pewawancara bertujuan untuk mengetahui...
a. tantangan Indonesia dalam pengembangan SDM
b. sikap pemerintah Indonesia dalam mengembangkan SDM
c. kondisi SDM di Indonesia pada masa yang akan datang
d. prospek pengembangan SDM Indonesia oleh pemerintah
e. kendala-kendala yang dihadapai
7. Yang dilaporkan dari hasil kegiatan wawancara diatas meliputi hal-hal berikut, kecuali...
a. topik wawancara
b. tujuan wawancara
c. tempat dan waktu pelaksanaan
d. respon kepala desa
e. kendala-kendala yang dihadapi pengembangan SDM
a. topik wawancara
b. tujuan wawancara
c. tempat dan waktu pelaksanaan
d. respon kepala desa
e. kendala-kendala yang dihadapi pengembangan SDM
8. Narasumber
:"Setiap warga pedesaan dapat menjadi anggota KUD terdiri atas berbagai
golongan dan lapisan, seperti petani, pedagang, peternak, dan
pengrajin. Untuk menjadi anggota KUD, orang harus memenuhi kriteria yang
telah ditentukan oleh anggaran dasar(AD) dan perundangan koperasi.”
uraian di atas merupakan uraian dari pertanyaan ......
a. Kapan keanggotakan KUD mulai dibuka?
b. bagaimana proses menjadi anggota koperasi?
c. mengapa warga desa harus menjadi anggota KUD?
d. siapa saja yang dapat menjadi anggota KUD?
e. berapa lama seseorang dapat menjadi anggota KUD?
uraian di atas merupakan uraian dari pertanyaan ......
a. Kapan keanggotakan KUD mulai dibuka?
b. bagaimana proses menjadi anggota koperasi?
c. mengapa warga desa harus menjadi anggota KUD?
d. siapa saja yang dapat menjadi anggota KUD?
e. berapa lama seseorang dapat menjadi anggota KUD?
9. Pendapat narasumber pada soal nomor 8 berkenaan dengan...
a. hak warga pedesaan
b. keanggotaan dalam KUD
c. hak-hak seorang anggota dalam KUD
d. anggaran dasar dalam perundnagn koperasi
e. kriteria menjadi anggota koperasi di dalam undang-undang
a. hak warga pedesaan
b. keanggotaan dalam KUD
c. hak-hak seorang anggota dalam KUD
d. anggaran dasar dalam perundnagn koperasi
e. kriteria menjadi anggota koperasi di dalam undang-undang
10. Ragam bahasa sebuah laporan hasil wawancara tampak pada kalimat.............
a. Bila sekirannya dalam laporan ini ada sesuatu yang tidak lengkap, saya dengan hormat untuk mengoreksinya.
b. seandainya gejala tersebut tidak terjadi, maka dimungkinkan mesin itu tidak akan bertahan lama.
c. survey yang dilakukannya telah memenuhi standar yang ditetapkan.
d. melalui wawancara dengan pemilik kios, YPKKI menjaring produk yang digemari konsumen.
e.dari wawancara dengan pemilik toko, diperoleh kesepakatan bahwa masyarakat gemar pada obat-obat tradisional.
a. Bila sekirannya dalam laporan ini ada sesuatu yang tidak lengkap, saya dengan hormat untuk mengoreksinya.
b. seandainya gejala tersebut tidak terjadi, maka dimungkinkan mesin itu tidak akan bertahan lama.
c. survey yang dilakukannya telah memenuhi standar yang ditetapkan.
d. melalui wawancara dengan pemilik kios, YPKKI menjaring produk yang digemari konsumen.
e.dari wawancara dengan pemilik toko, diperoleh kesepakatan bahwa masyarakat gemar pada obat-obat tradisional.
11. --Pewawancara : Adakah teknik belajar yang bisa diwariskan atau ditanamkan pada pelajar?
--Narasumber : (1)motivasilah yang harus pertama kali ditanamkan dalam diri kita. (2) Jadi harus ada motivasi.(3) motivasi saya sederhana saja, saya ingin membuktikan, perempuan itu punya potensi, antara lain potensi untuk meraih prestasi, yang tidak bisa dipandang sebelah mata.(4) selain itu, saya sebagai orang sunda juga ingin membuktikan manusia sunda itu bukan manusia peuyeum.
Masalah yang dikemukakan narasumber dalam cuplikan di atas adalah...
a. motivasi itu haruslah sederhana
b. manusia haru mempunyai motivasi
c. perempuan itu harus punya potensi untuk berprestasi
d. potensi perempuan hanya di bidang pembuatan tape
e. orang sunda harus menjadi manusia yang punya potensi
--Narasumber : (1)motivasilah yang harus pertama kali ditanamkan dalam diri kita. (2) Jadi harus ada motivasi.(3) motivasi saya sederhana saja, saya ingin membuktikan, perempuan itu punya potensi, antara lain potensi untuk meraih prestasi, yang tidak bisa dipandang sebelah mata.(4) selain itu, saya sebagai orang sunda juga ingin membuktikan manusia sunda itu bukan manusia peuyeum.
Masalah yang dikemukakan narasumber dalam cuplikan di atas adalah...
a. motivasi itu haruslah sederhana
b. manusia haru mempunyai motivasi
c. perempuan itu harus punya potensi untuk berprestasi
d. potensi perempuan hanya di bidang pembuatan tape
e. orang sunda harus menjadi manusia yang punya potensi
12. Penyataan
narasumber dalam soal no.11 yang berhubungan langsung dengan pertanyaan
pewawancara dinyatakan dengan nomor...........
a. 1
b. 2
c. 3
d.4
a. 1
b. 2
c. 3
d.4
13. Pewawancara
"Apakah Indonesia dalam posisi lemah menghadapi perlawanan terhadap teroris internasional, seperti yang dituduhkan oleh Amerika dan juga negara-negara Asia Lainnya?”
yang diinginkan pewawancara berupa informasi yang berkaitan dengan.....
a. pendapat
b.perasaan
c.perlawanan terhadap teoris
d. posisi Indonesia dalam melawan teroris
e. Pengalaman
"Apakah Indonesia dalam posisi lemah menghadapi perlawanan terhadap teroris internasional, seperti yang dituduhkan oleh Amerika dan juga negara-negara Asia Lainnya?”
yang diinginkan pewawancara berupa informasi yang berkaitan dengan.....
a. pendapat
b.perasaan
c.perlawanan terhadap teoris
d. posisi Indonesia dalam melawan teroris
e. Pengalaman
14. Pewawancara dalam soal nomor 13 menanyakan masalah......
a. teroris internasional
b.tuduhan Amerika
c. perlawanan terhadap teroris
d. posisi Indonesia dalam melawan teroris
e. peranan Amerika sebagai terorisme Internasional
a. teroris internasional
b.tuduhan Amerika
c. perlawanan terhadap teroris
d. posisi Indonesia dalam melawan teroris
e. peranan Amerika sebagai terorisme Internasional
15. Berikut contoh pertanyaan untuk memperoleh informasi berkaitan dengan harapan.....
a. mengapa hanya siswa kelas dua yang dilibatkan?
b. apa keinginan ibu dari pelaksanaan kegiatan ini?ali kegiatan seperti ini dilaksanakan selama ibu ingin memimpin sekolah ini?
d. apakah ada peristiwa menarik yang terjadi selama kegiatan berlangsung?
e. bagaimana sikap ibu apabila ada siswa yang menolak penyelenggaraan kegiatan ini?
a. mengapa hanya siswa kelas dua yang dilibatkan?
b. apa keinginan ibu dari pelaksanaan kegiatan ini?ali kegiatan seperti ini dilaksanakan selama ibu ingin memimpin sekolah ini?
d. apakah ada peristiwa menarik yang terjadi selama kegiatan berlangsung?
e. bagaimana sikap ibu apabila ada siswa yang menolak penyelenggaraan kegiatan ini?
Soal dan Jawaban Bahasa
Indonesia "Berita dan Wawancara" Ulangan Harian I. Berilah anda silang
(x)pada huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang benar ! 1.
Pertanyaan yang kurang tepat untuk mewawancarai seorang guru adalah ....
a. Siapa nama lengkap Bapak ? b. Nama panggilan Bapak ? c. Adakah
kailtannya antara hobi dengan profesi Bapak ? d. Berapa rupiah uang yang
Bapak bayarkan hingga Bapak menjadi guru ? e. Setujukah bapak dengan
Kurikulum KTSP ? 2. Berikut merupakan syarat penggunaan bahasa dalam
wawancara, kecuali .... a. Kata-katanya bersifat denotatif b.
Kata-katanya komunikatif c. Ungkapan tidak berbelit-belit d. Menggunakan
istilah asing agar kelihatan intelek e. Kata-katanya disesuaikan dengan
orang yang diwawancarai 3. Orang yang tepat dijadikan narasumber dalam
wawancara adalah orang yang .... a. Mampu menguasai permasalahan b.
Dekat dengan pewawancara c. Mempunyai kedudukan lebi tinggi d. Ditunjuk
oleh yang berwenang e. Bersedia diwawancarai 4. Anda akan mewawancarai
Pak Kepala Desa tentang kemajuan desa karena desa tersebut meraih juara 1
Lomba Desa Tingkat Provinsi. Waktu yang tepat untuk melakukan wawancara
adalah .... a. Sore hari menjelang Maghrib b. Siang hari pukul 12.00 c.
Sore hari pukul 16.00 d. Pagi hari pukul 10.30 e. Pagi hari pukul 06.00
5. Wawancara yang berhasil biasanya dilakukan dengan memerhatikan
hal-hal berikut, kecuali .... a. Topik yang menarik b. Berwawancara
secara efektif dalam waktu yang terbatas c. Menciptakan kondisi yang
menyenangkan sehingga orang yang diwawancarai senang menjawab pertanyaan
d. Mengajukan pertanyaan berdasarkan rambu-rambu daftar pertanyaan yang
dibuat e. Melakukan wawancara dalam waktu yang selama mungkin 6. Untuk
mengingat informasi yang didengar, selain dengan memutar kembali rekaman
atas suatu informasi, kita juga dapat melakukannya dengan cara .... a.
Mencatat semua informasi yang kita dengar b. Membuat catatan tertulis
tentang pokok-pokok masalah informasi c. Mengadakan wawancara lagi d.
Membaca buku yang berhubungan dengan informasi yang kita dengar e.
Mencari narasumber lain 7. Berikut pembacaan naskah berita yang tidak
tepat adalah .... a. Penggunaan mimik yang berlebihan b. Menggunakan
tekanan yang tepat c. Membaca naskah berita dengan jelas d. Tatapan mata
lurus ke depan e. Sikap duduk tegak saat membaca naskah berita 8. Dalam
membacakan naskah sebaiknya suara kita .... a. Lemah agar tidak cepat
lelah b. Menurut selera kita c. Disesuaikan dengan tempat dan jumlah
pendengar d. Keras agar orang yang berada di luar ruangan pun mendengar
e. Sekeras mungkin agar jelas didengar 9. Agar dapat memahami
pokok-pokok permasalahan yang disimak, sambil menyimak kita dapat ....
a. Menghafal semua kalimat yang disimak b. Mencatat pokok-pokok
permasalahan yang disimak c. Menulis semua hal atau kata yang disimak d.
Mendengarkan sambil menulis e. Mendengarkan sambil tiduran 10. Hal-hal
berikut harus diperhatikan seorang penyiar televisi, kecuali .... a.
Menafsirkan naskah yang dikomunikasikannya b. Mengomunikasikan pesan
dalam naskah dengan jelas dan tepat c. Menganalisis secara teliti makna
dan tujuan naskah d. Memahami makna kata dan frase yang ada dalam naskah
e. Menghafal semua kalimat atau materi teks 11. Hal yang perlu
dilakukan oleh seorang penyiar berita di televisi adalah sebagai
berikut, kecuali .... a. Menggunakan suara yang bagus b. Menyampaikan
berita dengan kepercayaan diri c. Menjaga gaya penampilan saat
membacakan berita d. Membacakan berita dengan suara sekeras-kerasnya e.
Membaca berita dengan tempo yang bervariasi 12. Secara umum struktur
ekonomi Indonesia rapuh karena basis ekonomi rakyat sangat lemah,
sementara usaha-usaha besar tumbuh. Tiga sektor utama di Indonesia yang
kini dijangkiti ciri ekonomi informal yang dominan adalah perdagangan,
transportasi, dan industri. Sektor ini menyerap tenaga kerja dalam
jumlah yang semakin besar, tetapi produktivitasnya rendah seperti tampak
dalam sensus tahun 1990 yang lalu. Pernyataan berikut ini sesuai
paragraf di atas, kecuali .... a. Perusahaan besar tumbuh b. Ciri
ekonomi informal berjangkit c. Pada tahun 1990 diadakan snsus penduduk
d. Basis perekonomian rakyat indonesia sangat lemah e. Perdagangan,
transportasi, dan industri sangat produktif 13. Berikut ini hal-hal yang
perlu diperhatikan seorang pembaca naskah berita, kecuali .... a.
Terlebih dahulu memahami isi berita yang akan dibacakan b. Memahami
satuan struktur bahasa c. Menempatkan jeda panjang maupun pendek secara
tepat d. Mengunakan lafal yang jelas e. Menghafal teks sebelum dibacakan
14. Wawancara yang susunan pertanyaannya tidak ditentukan lebih dahulu
dan pembicaraannya bergantung kepada suasana wawancara disebut .... a.
Wawancara terpimpin/terstruktur b. Wawancara individual c. Wawancara
bebas d. Wawancara terbuka e. Wawancara tertutup 15. Berikut ini
langkah-langkah dalam melaksanakan wawancara yang acak. 1. Menentukan
topik 2. Membuat perjanjian dengan narasumber 3. Menentukan narasumber
4. Latihan 5. Membuat daftar pertanyaan 6. Melaksanakan wawancara 7.
Merangkum hasil wawancara Langkah-langkah wawancara yang benar adalah
.... a. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 d. 2, 1, 3, 5, 4, 6, 7 b. 1, 3, 2, 5, 4, 6, 7
e. 2, 1, 4, 5, 3, 6, 7 c. 3, 2, 1, 5, 4, 6, 7 16. Contoh pertanyaan
untuk menggali informasi dalam sebuah wawancara adalah .... a. Sebagai
guru senior, bagaimana cara Bapak menciptakan proses pembelajaran yang
menyenangkan ? b. Bapak tadi menyebutkan nama R. Sasra Brata. Apa
kepanjangan R terebut ? c. Apakah Bapak dari kecil juga bercita-cita
ingin menjadi guru ? d. Didengar dari dialeknya, Bapak bukan orang dari
Jawa. Dari mana asal Bapak? e. Berapa jumlah putera Bapak ? 17. Jenis
sampah dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sampah organik yang
mudah membusuk dan sampah anorganik atau yang sulit membusuk. Sampah
organik misalnya sisa-sisa makanan atau sampah dapur yang biasanya
basah, dan daun-daun dari kebun. Sampah yang sulit membusuk atau tidak
bisa membusuk, antar lain plastik, kaca atau gelas, logam, karet dan
kain. Informasi yang tidak sesuai dengan isi bacaan di atas adalah ....
a. Sampah organik adalah sampah yang basah b. Sampah organik mudah
membusuk c. Karet dan kain termasuk sampah anorganik d. Sampah dibedakan
menjadi dua macam e. Sampah organik lebih baik dari pada sampah
anorganik 18. Sosok bunga tegak, bertangkai ramping dengan spike pendek
berbentuk unik dengan warna-warni yang lembut. Pertanyaan yang sesuai
dengan jawaban di atas adalah .... a. Bagaimana karakter atau ciri-ciri
bunga curcuma ? b. Bagaimanakah bentuk bunga curcuma ? c. Kelebihan
apakah yang dimiliki bunga curcuma ? d. Mengapa bunga curcuma digemari
banyak orang ? e. Apa keunikan bunga curcuma ? 19. Pada hakikatnya
keamanan nasional adalah tugas seluruh bangsa Indonesia. Hal ini sesuai
dengan system pertahanan keamanan rakyat semesta atau hankamrata
tersebut yaitu siskamling. Kalimat utama dari paragraf di atas adalah
.... a. Hakikat keamanan nasional b. Sistem hankamrata c. Sistem
keamanan lingkungan d. Siskamling mewujudkan hankamrata e. Pertahanan
keamanan rakyat 20. Perhatikan penggalan wawancara berikut ! Apakah
perbedaan melukis kaca dengan melukis biasa ? Melukis kaca atau sering
juga disebut melukis gelas adalah gaya melukis dengan memakai media yang
terbuat dari kaca. Media tersebut karena terbuat dari kaca maka
permukaannya licin. Di sinilah persoalannya karena tidak semua cat bisa
menempel sempurna di media tersebut. Jika terkena air atau termakan
usia, warnanya terkelupas atau pudar. Berdasarkan letak kalimat
utamanya, jawaban dari pertanyaan wawancara di atas termasuk pada contoh
paragraf .... a. Induktif b. Deduktif c. Campuran d. Perbandingan e.
Pertentangan
Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
0 komentar: