wawancara

04.13 0 Comments

Materi Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Semester II

BAB 1 OLAHRAGA
A. Mendengarkan Wawacana
Ada berbagai macam cara untuk mengetahui suatu hal. Salah satu caranya adalah dengan wawancara. Wawancara adalah proses dialog antara orang yang mencari informasi dan orang yang memberikan informasi .Dalam suatu wawancara ada penanya dan penjawab. Orang yang menjadi penjawab disebut narasumber. Narasumber merupakan orang yangmempunyai kemampuan yang lebih di bidangnya atau ahli di bidangnya Wawancara yang kita lakukan akan mengetahui pikiran, pendapat, atau gagasan dari orang yang kita wawancarai. Dengan wawancara, kita akan mengetahui pikiran atau pendapat seseorang terhadap suatu hal, khususnya masalah atau hal yang kita kemukakan dalam wawancara tersebut.
B. Menanggapi Cerita Tentang Tokoh
Apakah kamu mempunyai tokoh idola? Jawabnya pasti, “Ya”. Setiap orang pasti mempunyai tokoh idola. Tokoh yang kamu idolakan tentulah berbeda-beda, ada yang mengidolakan artis, pahlawan, tokoh nasional,olahragawan ataupun tokoh yang lain. Setiap tokoh yang kamu idolakan tersebut pasti mempunyai keistimewaan atau prestasi yang baik. Oleh karena itu, ia patut dijadikan idola.Riwayat hidup dan prestasi yang diraih oleh idolamu dapat diketahui melalui media massa, seperti koran, majalah, televisi atau melalui internet.Kalian juga dapat mengetahuinya melalui wawancara langsung dan melalui pengamatan.Apabila kamu telah mengenal tokoh yang di idolakan tersebut, tentukamu dapat menceritakannya. Apa saja keistimewaannya? Mengapa kamumengidolakannya? Bagaimana identitas tokoh idola kamu?Sebelum kamu menceritakan tokoh idolamu, perhatikan hal-hal yang perlu diceritakan mengenai tokoh idolamu itu, yaitu ;
1.prestasi dalam bidangnya,
2.perilakunya dalam bergaul atau cara bersosialisasi dengan masyarakat,
3.keistimewaan tokoh,
4.prestasi yang membanggakan untuk bangsa dan negaranya.Agar dapat menceritakan tokoh idola dengan baik dan benar
perhatikan langkah-langkah berikut ini ;
1.Carilah data tentang tokoh idolamu (riwayat hidup, pribadi,keistimewaan, prestasi, dan sebagainya)
2.Tulislah satu tema yang menurutmu paling menarik mengenai tokoh idolamu,
Tema itu dapat mengenai kerja kerasnya dalam mencapai prestasi di bidangnya, perjalanan hidupnya, kariernya, dan sebagainya.
3.Tambahkan komentar mengenai tokoh idolamu tersebut.
4.Gunakan bahasa yang baik.
C. Menulis Puisi
Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra. Seperti halnya karya sastra yang lain, dalam puisi juga tertuang ungkapan perasaan, ide, gagasan,atau apa pun yang dikemukakan pengarang melalui puisi. Hanya saja ungkapan yang dituangkan sebagai puisi hendaknya sesuai dengan kaidah atau aturan yang berlaku. Dengan demikian, apa yang kita tulis dapat disebut puisi.
Dalam menulis puisi ada tiga hal yang perlu diperhatikan ;
1.Bahasa
2.Pilihan kata
3.Irama
Ada empat langkah yang harus diperhatikan dalam menulis ;
.a.Pilihlah objek yang akan kamu jadikan inspirasi puisimu, Pahami dan imajinasikan objek tersebut
b.Ungkapkan perasaanmu dengan kata-kata yang kamu suka
c.Susunlah kata kata tersebut menjadi baik
d.Baca dan rasakan kata kata yang kamu susun
Sumber :
Bab 2 Pertanian
A. Membaca Intensif
Membaca intensif adalah membaca sebuah teks bacaan secara mendalam untuk memperoleh pemahaman mengenai isi teks bacaan tersebut. Agar dapat memahami isi teks bacaan, kamu perlu mencari gagasan utama yang terdapat dalam teks bacaan tersebut. Gagasan utama adalah pikiran utama yang dikembangkan sehingga menjadi teks bacaan.Gagasan utama disebut juga gagasan pokok atau pikiran utama.
B. Mendengarkan Pembacaan Puisi
Kamu tentunya pernah mendengarkan pembacaan puisi. Apakah puisi yang kamu dengar merupakan ungkapan perasaan dari penyair? Dapatkah kamu merefleksi puisi tersebut?Agar puisi mempunyai nilai estetis atau keindahan, penyair menggunakan pilihan kata tertentu sesuai dengan maksudnya. Biasanya penyair juga menggunakan kata-kata yang bermakna kiasan.Kamu tentu ingat pada pelajaran sebelumnya mengenai nada, irama,dan diksi (pilihan kata) dalam puisi. 
Hal-hal tersebut mencerminkan isi puisi. Artinya, kamu dapat mengungkapkan isi puisi dengan memahami nada, irama, dan diksi (pilihan kata).
C. Menulis Puisi
Pada pelajaran sebelumnya kamu sudah mendengarkan dan merefleksikan isi puisi. Kali ini kamu akan berlatih menulis puisi.Bagaimanakah cara menulis puisi? Menulis puisi berawal dari ide/gagasandiri sendiri. Ide tersebut dapat bersumber dari perasaan atau pengalaman peristiwa yang pernah dialami.Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra dengan menggunakan bahasa yang padat. Artinya, kata yang dipilih singkat namun memuat kandungan makna yang dalam dan luas. Puisi merupakan ekspres seseorang mengenai perasaan atau pengalaman peristiwa yang pernah di alami.
Sumber :
Soal
1. Proses dialog antara orang yang mencari informasi dan orang yang memberi informasi adalah 
Wawancara.
2. Pilihan kata dalam puisi adalah …
Diksi.
3. Membaca sebuah teks bacaan secara mendalam untuk memperoleh pemahaman mengenalisis teks bacaan adalah jenis membaca ….
Intensif.
4.Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab mengenai suatu hal tertentu. Seseorang yang merupakan pihak pemberi informasi dalam wawancara adalah ...
Narasumber.                   
Sumber :

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: