soal resensi buku

22.45 0 Comments

Contoh Soal Resensi Buku Pengetahuan

Resensi adalah pertimbangan atau perbincangan buku. Lihat pembahasan Menulis Resensi Buku Pengetahuan.

Berikut ini kami sajikan 10 soal tentang resensi buku pengentahuan lengkap dengan kunci jawabannya. Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Perhatikan data buku berikut!
Judul
:
Akhlak Mulia bagi Remaja
Penulis
:
Agus Sulaiman
Penerbit
:
PT Pijar
Cetak
:
Pertama tahun 2010 Bekasi
Keunggulan
:
Penyampaian masalah yang kompleks dengan bahasa yang sederhana dan tata letak yang baik.
Kelemahan
:
Ada beberapa contoh studi kasus yang tidak sesuai dengan kehidupan ramaja.

Paragraf yang sesuai data tersebut adalah ...
A. Buku karya sulaiman ini cukup berhasil menyampaikan persoalan remaja. Sebenarnya persoalannya cukup kompleks. Namun, karena dikemas dengan bahasa sederhana dan didukung dengan tata letak yang baik, buku ini menjadi menarik. Walaupun masih ada contoh yang menyimpang, tetapi buku ini layak dibaca para pembaca.

B. PT Pijar sering menerbitkan buku-buku remaja bermutu. Salah satunya buku Akhlak Mulia bagi Remaja. Buku tersebut menyampaikan contoh-contoh kasus yang sesuai dengan kehidupan remaja. Bahasanya pun sederhana cocok dan sesuai dengan bahasa remaja.

C. Buku yang dicetak pertama kali tahun 2010 sudah habis terjual. Ini menunjukkan anak remaja harus akan baca yang berkenaan dengan pergaulan meskipun ada beberapa contoh kasus yang tidak sesuai, ini tidak mengurangi antusias remaja untuk membacanya.

D. Agus Sulaiman seorang pemerhati kehidupan remaja. Dia begitu piawai menyampaikan tip-tip untuk remaja, sehingga sayang jika remaja tidak memiliki buku ini. Buku ini layak dibaca.

2. Bacalah teks berikut!
(1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di SMA dengan nuansa kenakalan khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita pada kenyataan hidup yang harus dihadapi tokoh-tokohnya dan mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi Ikal, Arai, dan Jimbrom hingga mengantarkan mereka menuju Sorbonne.

(5) Novel Sang Pemimpi sangat kaya dengan keindahan bahasa yang dengannya setiap alur terdeskripsikan dengan sempurna. (6) Intelektualitas tinggi dan humor terjalin dengan memesona mengeksplorasi karakter para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan nilai moral yang ditunjukkan dengan rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga sangat menonjol, seperti kesetiakawanan antara Ikal, Arai, dan Jimboron. Tentu saja, dilengkapi dengan nilai agama yang kental dijalani oleh tokoh-tokohnya.

Pernyataan yang merupakan keunggulan novel terdapat pada bagian ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)

3. Perhatikan data buku berikut!
Judul            : Mengarang, Apa Susahnya?
Pengarang    : Saya Harto
Penerbit       : Pustaka Cahaya
Tahun terbit  : 2015
Tebal           : 180 halaman
Kelebihan    : Mampu menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang
Kekurangan : Buku tersebut terkesan mahal

Paragraf yang tepat berdasarkan buku tersebut adalah ....
A. Buku ini telah menjadi pedoman awal bagi orang yang ingin belajar. Ada beberapa teori yang menjadi acuan dalam mengarang bisa gampang.
B. Buku setebal 180 halaman  ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik.
C. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik. Idenya kreatif, tapi harganya mahal.
D. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangnya, buku ini terkesan mahal.

4. Bacalah teks berikut!
(1) Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas enam buah cerita. (2) Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian revolusi kemerdekaan. Kumpulan cerpen karya Nugroho Notosusanto menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh pengarangnya sendiri. (3) Kumpulan cerpen ini tidak hanya dilihat dari sudur peristiwa yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya, namun dilihat dari isinya yang lebih manusiawai. (4) Pengarangnya sendiri terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan sebagai anggota tentara pelajar.

(5) Buku ini memiliki kelebihan penggunaan ejaan yang baik, tanda baca digunakan dengan baik dan sesuai dengan fungsingya masing-masing, paragraf tersusun dengan baik. (6) Namun banyak menggunakan bahasa yang kurang dimengerti. (7) Buku ini lebih ditujukan kepada pembaca yang pikirannya pernah mengembara ke medan perang.

Pernyataan yang berupa keunggulan buku terdapat pada kalimat nomor ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (7)

5. Bacalah teks berikut!
Buku berjudul Teori dan Apresiasi Puisi yang ditulis Herman J. Waluyo ini mengungkapkan teori tentang memahami puisi. Buku ini menyajikan karya-karya puisi pada zamannya [...] Sayang, buku setebal 334 halaman ini harganya mahal. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh konkret puisi.

Kalimat berisi keunggulan buku yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami.
B. Buku ini banyak menggunakan istilah asing.
C. Selain itu juga tidak disertai gambar-gambar ilustrasi.
D. Perwajahan dan penjilidan buku ini juga kurang bagus.

6. Bacalah teks berikut!

Film “Denias, Senandung di Atas Awan” karya John de Rantau merupakan film yang pantas dinikmati oleh anak-anak dan para pelajar [...] Nilai-nilai tersebut adalah semangat dan perjuangan yang kuat untuk belajar dan bersekolah.

Kalimat berisi keunggulan film yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ...
A. Film ini menampilkan keindahan alam Papua.
B. Film ini mengajarkan berbuat baik kepada kita.
C. Film ini penuh dengan nilai-nilai moral.
D. Film ini menggunakan bahasa yang menarik.

7. Bacalah teks berikut!
Cerpen Nasihat untuk Anakku karya Motinggo Busye ini ditulis dengan bahasa lugas. Isi cerpen sangat baik dan penuh dengan moral [...] Anak-anak dapat termotivasi untuk mencontoh dan menerapkan nasihat-nasihat itu dalam kehidupannya.

Kalimat berisi keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Cerpen ini sangat menarik isinya.
B. Cerpen ini sangat cocok dibaca pelajar.
C. Nasihat-nasihat yang ada dalam cerpen dapat memotivasi anak.
D. Pesan moral yang ada dalam cerita harus dilaksanakan oleh anak.

8. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku      : Mengenal Tanaman Obat Nusantara
Penulis            : Dani Hamdani
Penerbit          : Panca Anugerah Sakti
Tebal               : 72 Halaman
Keunggulan    : Memaparkan 50 jenis tanaman obat nusantara yang berkhasiat dan berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Kelemahan      : Tidak dijelaskan cara meracik hingga menjadi obat tradisional.

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data  buku tersebut ialah ...
A. Buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara" karya Dani Hamdani ini sangat cocok dimiliki pelajar. Buku ini menjelaskan 50 jenis tanaman obat dan khasiatnya, hanya tidak diceritakan cara meraciknya menjadi obat.
B. Buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara" ini tidak terlalu bagus karena hanya 72 halaman dan tidak memaparkan/menjelaskan cara meracik tanaman menjadi obat.
C. Buku yang ditulis oleh Dani Hamdani ini masih perlu dipertimbangkan peredarannya karena menjelaskan apa-apa tentang tanaman obat. Selain itu juga terlalu tipis dan tidak menjelaskna.
D. Memaparkan 50 jenis tanaman obat, walaupun tidak menjelaskan cara menjadi obat. Setidaknya itulah yang dapat saya peroleh dari sebuah buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara".

9. Perhatikan data buku berikut!
Judul            : Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara
Penulis         : Rahmi Fitriani
Keunggulan : Isi buku ini menjelaskan tentang keanekaragaman kerajinan Nusantara. Bahasanya mudah dipahami. Sampul berwarna-warni disertai gambar.
Kelemahan   : Halaman buku ini terlalu sedikit sehingga tidak terlalu lengkap uraiannya.

Paragraf resensi yang tepat adalah ...
A. Buku berjudul Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara ini sangat bagus dan banyak manfaatnya buat Anda. Karena dengan mudah Anda dapat mengenali produk-produk dari berbagai daerah.
B. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara karya Rahmi Fitriani dengan sampul yang berwarna-warni perlu Anda beli sebagai koleksi. Buku ini tidak membosankan. Gambarnya sangat bagus.
C. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara dengan warna sampul berwarna-warni dan bahasanya mudah dipahami, layak Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mengenali keanekaragaman kerajinan Nusantara, namun tidak terlalu lengkap uraiannya.
D. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara perlu anda miliki sebagai koleksi. Isinya sangat lengkap, gambarnya bagus, dan bahasanya tidak membosankan. Marilah kita membeli buku ini di toko buku.

10. Perhatikan data buku berikut!
Judul           : Sejarah Gelap Para Raja dan Ratu Eropa
Penulis        : Brenda Ralph Lewis
Penerbit       : PT Elex Media Media Komputinda
Keunggulan : Menggunakan jenis kertas yang berkualitas, gambar dan ilustrasi menarik
Kelemahan  : Urutannya tidak sistematis

Paragra resensi sesuai data tersebut adalah ...
A. Buku ini banyak mengungkap fakta kehidupan Raja dan Ratu Eropa. Buku setebal 500 halaman sudah banyak dibaca orang. Buku ini dicetak dengan menggunakan kertas berkualitas. Sayang ilustrasinya kurang menarik.

B. Brenda Ralph Lewis ahli sejarah, khusus sejarah Eropa. Beliau banyak menulis kehidupan seputar istana. Buku ini dicetak dengan menggunakan kertas berkualitas. Sayang ilustrasinya kurang menarik.

C. Buku ini disajikan dengan gambar dan ilustrasi yang tidak membosankan. Kertas yang digunakannya pun berkualitas baik. Brenda memang pakar sejarah Eropa handal. Meski urutannya tidak sistematis, buku ini tetap layak dibaca.

D. Banyak buku yang mengungkapkan raja dana ratu Eropa. Namun buku ini lebih detail dan mendalam. Inilah salah satu kelebihan buku ini. Namun buku ini tidak disertai gambar dan ilustrasi yang mendukung isi.

Kunci: 1) A, 2) C, 3) D, 4) C, 5) A, 6) C, 7) C, 8) A, 9) C, 10) C

Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2015, 2016

Diambil dari : http://basindon.blogspot.co.id/2016/08/contoh-soal-resensi-buku-pengetahuan.html

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: